Tingkatkan Sanitasi dan Hidup Sehat Baznas Maros Bagikan 20 Tandon Air

Bagikan tandon air
Bazanas Maros bersama pemerintah desa Salenrang Maros bagikan tandon air. (herman/terkini.id)

Terkini.id, Maros – Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Maros bersama Program Rumah Sehat Baznas Makassar melakukam kolaborasi untuk pendistribusian bantuan tandon air atau bak penampungan air di Dusun Panambungan, Desa Salenrang Kabupaten Maros, Senin, 21 September 2020.

Ketua Baznas Maros Said Patombingi mengatakan sebanyak 20 tandon air yang dibagikan dan airnya dari baznas Kabupaten Maros. Selain bak penampungan juga dibagikan bak tempat sampah ke masyarakat di Dusun Panambungan, Desa Salenrang.

“Karna terbatas air di musim kemarau seperti ini nilai air terkadang mahal dari nilai beras. Airnya mungkin disuplaui dari luar lewat dibelikan ait tangki suplai seperti itu dan sementara ini alam programnya pak desa,” kata Said saat ditemui wartawan.

Juga Basnas Maros bersama pemerintah desa akan menyiapkan pipa untuk air. Pipa ini yang akan menjangkau rumah warga untuk mensuplai air bersih.

“Ada pipanisasi pak dusun ada pipanisasi jadi pas nanti itu karna katanya itu pipanisasinya ini mengalir air pertiga jam. Disaat air mengalir air tiga jam sangat tepat kalau ada penampungan air ya seperti itu,” jelas Said.

Bazanas Maros bersama pemerintah desa Salenrang Maros bagikan tandon air. (herman/terkini.id)

Basnaz Maros berharap, kata Said program ini dapat berkelanjutan dan dapat menyentuh pemukiman warga yang dilanda bencana kekeringan di musim kemarau seperti ini.

“Kita harapkan berkelanjutan membina desa ini agar sanitasinya meningkat pola hidup sehat dan sehingga terjadi transfomarsi jadi kesannya yang kurang sehat akan menjadi lebih sehat,” ungkap Said.

Selain itu, Baznas Maros juga akan menggagas program yang berkelanjutan agar warga di dea lain dapat merasakan hal yang sama.

“Juga hari ini kita mencoba menggagas meneyentuh agar disetiap desa dan dusun itu ada unit pengumpul zakat agar bisa jadi terjadi sirkulasi zakat yang baru dari orang yang kaya atau orang miskin dan bisa memberdayakan kehidupan masyarakat ini akan bersinergi akan simultan,” lanjutnya.

Bazanas Maros bersama pemerintah desa Salenrang Maros bagikan tandon air. (herman/terkini.id)

Diharapkan masyarkat dapat menggunakan penampungan air dengan baik. Dan juga berbagi dengan warga lainnya di sekitar Dusun Panambungan, Desa Salenrang Kabupaten Maros.

“Jadi janagn dia sendiri yang menikmati nanti mungkin bisa berbagi dengan tetangganya. Kemudian penyuluhan kesahatan sanitasi dan pembibingan agar biasa hidup dengan sehat ada bak sampah juga dan ini akan berkelanjut,” ungkapnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Dandim Maros Berikan Jam Komandan ke ASN dan Anggota Koramil Bantimurung

Rumah Sehat Baznas Salurkan Bak Penampungan Air dan Tempat Sampah di Maros

Pelanggar Protokol Covid-19 di Maros Dihukum Pushup dan Pungut Sampah

Serka Sahlan Korban Penembakan KKB Tinggalkan 5 Anak

Tiba di Makassar, Anggota TNI Korban Penembakan KKB Dipulangkan ke Pinrang

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar