Diduga Lakukan Pungli, 4 Oknum Kemenag Maros Diperiksa Jaksa

Kejari Maros
Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros. (herman kambuna/ terkini.id)

Terkini.id, Maros – Sejumlah oknum pegawai di Kemeterian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros menjalani pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros, Rabu 16 September 2020.

Mereka diperiksa terkait dugaan pungutan liar (Pungli) dana bantuan operasional pandemi Covid -19 untuk Pondok Pesantren dari pusat Kementerian Agama RI untuk Madrasah dan Pesantren di Kabupaten Maros.

Kasi Pidsus Kejari Maros, Afrisal Tausikat mengatakan selain memanggil oknum kemenag pihaknya juga memanggil pihak penerima dana bantuan yakni Madrasah.

“Pegawai kemenagnya itu ada 4 dari pihak penerima itu madrasah sudah ada sekitar 7 orang atau pengelola lembaga. Ini bukan OTT jadi kita melakukan penyelidikan kebetulan kemarin kita ada on the spot cuma untuk melihat akhirnya kita bawa ke sini untuk dimintai keterangan,” kata Afrisal.

Keempat oknum pagawai Kemenag itu kata Afrisal dimintai keterangan status sebagai saksi. Dan saat ini kasus dugaan pungli masih tahap penyelidikan jaksa.

“Status masih penyilidikan jadi status masih saksi yang terperiksa orang orang tersebut untuk diminta klarivikasi. Punglinya yang kita lihat jadi dananya itu satu satu dapat 10 juta, ada 21 pesantren dan madrasah ada 14 jadi sekitAR ada 30-an lebih,” jelas Afrisal.

Namun berdasarkan hasil pemeriksaan, jaksa belum bisa menyimpulkan berapa nominal yang pungut oleh oknum Kemenag Maros.

“Dari keterangan yang kita himpun kita belum menyimpulan berapa yang di potong tapi laporannya katanya ada dari 10 juta ada 26 persen yang di potong jadi ada sekitar 2,6 juta. Katanya ada seperti itu nah itu yang kita selidiki ya itu ada oknum oknum di kemenang,” jelas Afrisal.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Peneliti BRPBAPPP Kembangkan Aplikasi Sipetak

Dandim Maros Berikan Jam Komandan ke ASN dan Anggota Koramil Bantimurung

Laga Uji Coba, Persim Maros vs Gasma Enrekang Skor Imbang

Rumah Sehat Baznas Salurkan Bak Penampungan Air dan Tempat Sampah di Maros

Tingkatkan Sanitasi dan Hidup Sehat Baznas Maros Bagikan 20 Tandon Air

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar