7 Tips Agar Windows 10 Tidak Ngelag Saat Bermain Game

7 Tips Windows 10
Ilustrasi Windows 10. (Shutterstock)

Terkini.id, Maros – Komputer ngelag dalam hitungan milidetik saat bermain game multi-playersungguh tidak menyenangkan, apalagi jika hal itu berujung pada kekalahan.

Namun, ketidaknyamanan ini sebenarnya dapat dicegah. Kamu bisa memaksimalkan kinerja komputer sembari mempertahankan tingkat perlindungan yang tinggi bagi PC Anda.

Dilansir dari Suara.com, berikut 7 langkah ala Kaspersky yangdapat membantu Anda meminimalkan kekalahan akibat ngelag saat bermain game di komputer bersistem operasi Windows 10:

1. Pastikan internet lancar

Pastikan Internet Anda memiliki kecepatan dan latensi (signal delay) yang stabil. Buka penjelajah web Anda dan navigasikan ke layanan pengujian kecepatan yang komprehensif seperti speedtest.net atau dslreports.com.

Pastikan kecepatan internet memadai (kebanyakan game cukup dengan 10 Mbit/s, tetapi untuk streaming video semuanya membutuhkan 50-100 Mbit/s) dan penundaan yang sangat kecil (alias ping).

Saluran serat optik modern biasanya memberi Anda ping 5-50 ms, yang bagus untuk sebagian besar game. Penundaan dalam ratusan milidetik mungkin menjadi hambatan nyata untuk memenangkan sebuah permainan.

Memperbaiki masalah ini mungkin termasuk bereksperimen dengan pengaturan Wi-Fi router, memindahkannya lebih dekat ke komputer gaming, beralih ke koneksi kabel antara komputer dan router (perlu diingat bahwa pemain pro hanya menggunakan koneksi kabel) atau bahkan mengubah penyedia layanan internet Anda.

2. Optimalkan pengaturan video game

Jika game Anda terlalu haus sumber daya dan kartu grafis tidak dapat memberikan daya pemrosesan yang cukup, pengalaman dalam bermain game bisa membuat frustasi. Mengatur level detail yang lebih rendah atau mengurangi resolusi dalam pengaturan game dapat menjadi solusi.

Fokus pada pengurangan eye candy sambil mempertahankan hal-hal seperti jarak pandang yang membantu Anda memenangkan permainan. Aktifkan indikator FPS jika didukung oleh pengaturan game.

Kemudian, sesuaikan pengaturan fine-tune hingga Anda dapat secara konsisten menekan 30–60 frame per detik dari sistem.

Lebih banyak lebih baik (dan memberi Anda ruang untuk peningkatan grafis). Jika kurang dari itu, biasanya dianggap tidak dapat digunakan untuk permainan dinamis seperti game penembak. Untuk permainan online, lebih dari 60 FPS sangat dianjurkan.

3. Optimalkan pengaturan daya

Faktor ini sangat penting untuk laptop dan juga relevan untuk komputer. Pastikan Anda bermain dengan daya AC dan mengaktifkan mode kinerja terbaik.

Cara termudah untuk menyesuaikannya adalah dengan mengklik ikon baterai pada taskbar dan memindahkan slider ke kanan, di mana pengaturan “Kinerja terbaik (best performance)” berada.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Peneliti BRPBAPPP Kembangkan Aplikasi Sipetak

Microsoft Rilis Aplikasi Family Safety, Simak Yuk

Lebih Paham Soal Keamanan Data, Milenial Jadi Target Membosankan Penjahat Siber?

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar