Sayur Ini Harus Segera Dimakan Jika Tidak Akan Jadi Racun

Sayur ini harus segera dimakan jika tidak akan menjadi racun. Sumber foto sehatq.com
Sayur ini harus segera dimakan jika tidak akan menjadi racun. Sumber foto sehatq.com

Terkini.id, – Banyak jenis sayur yang bisa diolah untuk memenuhi takaran kebutuhan gizi harian kita. Beberapa sayur sangat mudah diolah dan bisa bertahan lama setelah dimasak. Namun ada juga sayur yang jika tidak segera dimakan akan jadi racun di tubuh.

Sayur apakah yang harus segera dimakan jika tidak akan jadi racun?

Sayuran yang mengandung nitrat adalah sayur yang tidak tahan lama setelah diolah menjadi masakan. Jenis sayuran yang banyak mengandung nitrat adalah bayam, seledri dan bit.

Selain menyegarkan jika dikonsumsi, kandungan gizi sayuran ini juga sangat kaya.

Sayur bayam sering diolah menjadi sayur bening dan termasuk masakan yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia karena mengolahnya sangat mudah, tidak banyak bumbu dan waktu masak yang singkat.

Oleh para ahli gizi menyarankan untuk jenis sayuran bayam jika diolah jadi makanan haruslah segera dimakan dan tidak boleh didiamkan lebih dari 5 jam.

Melansir dari Kompas.com, salah satu ahli gizi Farah Rizky, S.Gz menerangkan dalam buku karyanya The Miracle of Vegetables, sayur bayam yang didiamkan selama lebih dari 5 jam akan teroksidasi dengan udara sehingga kandungan nitrat (NO3) akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat tidak berwarna, tidak berbau dan beracun. Sehingga disarankan untuk segera dimakan setelah diolah.

Selain itu sayur bayam haruslah dalam kondisi segar saat dibeli dan sesegera mungkin dimasak. Jika telah layu atau disimpan lama di dalam kulkas maka senyawa nitrit yang bersifat racun akan meningkat kadarnya yang nantinya akan berdampak pada kesehatan sel darah merah atau hemoglobin.

Racun nitrat dalam sayur bayam yang tidak langsung diolah dan tidak langsung dimakan setelah diolah menyebabkan sel darah merah kehilangan kemampuan dalam mengikat oksigen. Hal ini akan berefek negative bagi tubuh kita.

Gejala yang bisa terjadi jika sel darah merah tidak mampu mengikat oksigen,akan mengalami

– sesak napas atau napas berat

–        – batuk-batuk

–        – sakit kepala

–        – linglung

–        – jantung berdetak cepat

–        – kulit, kuku dan bibir membiru

–        – turunnya kesadaran atau sampai koma.

Selain kandungan racun nitrit, ada kandungan ferro (Fe+2) dalam bayam yang bisa berubah menjadi ferri (Fe+3) yang sifatnya racun, jika kita mendiamkan terlalu lama atau memanaskan kembali sayur bayam.

Mengingat efek yang bisa ditimbulkan jika tidak mengikuti saran dari para ahli gizi, maka sebaiknya kita menceganyah dengan tidak boleh mendiamkan masakan sayur bayam lebih dari 5 jam dan tidak diperkenankan memanaskan kembali sehingga mencegah kita tidak mengalami efek keracunan yang ditimbulkan sayur tersebut.

Jangan takut untuk mengonsumsi sayur bayam, ahli gizi sangat isarankan untuk kita selalu sering mengonsumsi sayuran ini karena sayur bayam banyak mengandung yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, serat pangan, rendah gula dan rendah lemak.

Konsumsilah segera setelah selesai diolah menjadi masakan dan pastikan jika harus menunggu tidak boleh lebih dari 5 jam setelah dimasak

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ini Cara Menghindari Virus Corona ala Johns Hopkins University, Kampus yang Sudah Prediksi Covid-19 di Indonesia

Hal Perlu Diketahui Dalam Mengurangi Resiko Penularan Virus Corona

Tips Pencegahan Virus Corona Ala Hasan Rahim

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar