Ingin Investasi di Usia Muda, Hal Ini Perlu di Perhatikan

Investasi
Ilutrasi Investasi di Usia Muda (shutterstock)

Terkini.id, Maros – Makin banyak anak muda yang sudah mulai sadar pentingnya menabung, bahkan investasi sebagai bekal masa depan. Termasuk diantaranya mereka yang baru lulus kuliah sekalipun atau fresh graduate.

Lalu, apa sih yang harus diperhatikan para milenial atau fresh graduate yang ingin berinvestasi ?

Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit mengatakan penting untuk melihat lebih dulu, kapan uang tersebut nantinya akan digunakan. Jika dalam waktu dekat 1 hingga 2 tahun kemudian, maka carilah investasi dengan risiko yang serendah mungkin.

“Kalau secara prinsip uangnya itu mau dipakai dalam waktu dekat, pilih yang risikonya serendah mungkin, karena kita tidak bisa mengantisipasi pergerakan pasar,” ujar Ka Jit dalam peluncuran kampanye gerakan SAVE 20 Bank OCBC NISP, dilansir Suara.com, Rabu 22 Juli 2020.

Tapi apabila uang itu masih akan digunakan dalam jangka waktu lama 5 hingga 10 tahun kemudian, maka cobalah bermain dengan investasi saham atau reksa dana. Dengan begitu uang akan bergerak dengan agresif.

“Karena saham itu sudah terbukti dalam jangka panjang itu bisa memberikan hasil yang lebih baik, tapi jangan di masukin setahun kepepet, dipakai uang untuk nikah dicairin kondisi sekarang (pandemi corona), menikah bulan depan, pasar saham lagi jatoh susah, makanya ini masalah timing,” ungkapnya.

Di sisi lain OCBC juga melihat saat ini banyak orang milenial sadar, harus banyak hal yang dipersiapkan di masa saat ini sebagai antisipasi, karena perekonomian yang sedang tidak pasti. Tapi sayangnya sebagian dari mereka tidak paham cara dan mekanismenya.

“Tapi entah mengapa karena banyak nggak ngerti prosesnya caranya gimana investasinya gimana, itu yang menyebabkan orang itu menunda, atau udah nanti aja, ngertiin dulu,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar